Monday, October 3, 2016

Cara Menjadi Gitaris Blues Handal part 1

Hai para gitaris muda....
    Setiap gitaris cinta BLUES, Grip-gripnya mudah, menyenangkan unuk dimainkan dan ( yang terpenting ) Blues adalah sebuah cara yang sanga ama kereeenn abieesss unuk tampil Cool.

    Menggertak di dunia blues sangalah gampang kalau kamu tahu beberapa trik sederhana, misalnya. Jangan menikmati permainanmu (atau kalau kamu memang menikmatinya, jangan sampai ketahuan ). ini musik serius, mistis, dan kalau kamu biarkan topeng gertakanmu goyah sedetik saja, orang-orang akan menyadari bahwa kamu hanya memainkan dua akord yang ditekan dengan buruk dan beberapa string bend yang sama sekali tidak akurat.

Miliki suatu opini dan tetaplah berpegang pada opini itu, tak peduli apa yang orang katakan.

Try this one
" aku suka sekali tone klasik Clapton, tapi dia sudah kehilangan touchnya, dulu dia punya feel yg autentik, man "

Pertama-tama kamu harus mengeahui "siapa yg harus disebut, dan KAPAN "

     Para ahli sejarah selalu mendebatkan kapan tepatnya blues dimulai, tapi biarkan saja, Fucking hell with they are..  siapapun yang pernah get the job from stage pasilah seorang BLUFFER (penggertak) yang lebih baik.

Ok Kita Mulai.
PENGARUH AWAL
    Agar terlihat menguasai latar belakang Blues-mu, kamu hanya perlu menyebutkan beberapa nama, salah satunya Robert Johnson. Meski dia bukanlah gitaris pertama yg melakukan rekaman, sangat bisa dipastikan bahwa dialah gitaris paling awal yg lick-nya banyak kita curi Bottleneck triplet ? Robert lah yang pertama
   



Daripada mulai bosan sebaiknya kita mulai memainkan gitar
sebelum belajar membaca treble clef dan tab, ada baiknya untuk para pemula belajar memegang gitar.. hehehehe..
1. Begini cara memegang gitar yg bener



    Pertama yaitu posisi tangan yang digunakan untuk memetik ataupun strumming, posisi yang tepat yaitu dengan memetik senar yang letaknya di antara lubang gitar dengan bridge atau saddle, lebih tepatnya yaitu ditengah antara neck dengan bridge. Kemudian yang kedua adalah posisi tangan yang digunakan untuk menekan senar, posisi yang tepat adalah dengan meletakkan ibu jari pada samping neck jika anda gunakan open chord dan ibu jari berada di belakang neck jika kamu mainkan kunci gantung.

2. Gitaris harus bisa menyetem gitar.
    Sangat-sangat aneh klo kamu bisa ngomongin tentang gitar bisa maenin gitar tapi gak bisa nyetem gitar. ingat untuk menyetem gitar setiap kali kamu akan bermain gitar. sebagai patokan selalu ingat nada dari senar 6 sampai senar 1 yaitu E,A,D,G,B,E. Kalo buat awal-awal en yg gak mau ribet sekarang udah ada banyak tuh aplikasi buat nyetem gitar .tinggal download aja. tapi aku saranin jangan terlalu sering ngandelin aplikasi, karena nyetem gitar bisa buat latihan feeling kamu di nada.

3. Pelajari dan pahami kord/chord dasar
    Kord ada 2 tipe, kord dasar mulai dari kord A, B, C, D, E, F, G dan juga kord gantung
nih sebagian conoh kord gitar.

4. Tekhnik strumming / ngegenjreng
    Dalam teknik dasar bermain gitar yang satu ini dapat kamu mainkan dengan cara down stroke atau memetik kebawah dan up stroke atau memetik ke atas . Lebih jelasnya yaitu dapat diartikan dengan gerakan tangan kamu saat melakukan strumming, apakah kebawah atau keatas. Untuk berlatih teknik down stroke strumming kamu dapat membentuk sebuah pola chord dan kemudian memetiknya secara down stroke dari atas kebawah, kemudian ganti sampai semua chord kamu bisa dan terdengar bunyi yang sempurna. Begitu juga untuk belajar up stroke, kamu dapat menggunakan semua kunci dan memetiknya dari bawah ke atas.



5. Selanjutnya kunci gantung
   Kunci gantung termasuk penting dalam bermain gitar. karna kunci gantung bisaa membuat kamu terlihat lebih kereenn dalam bermain gitar..

 Gimana, gak terlalu sulit kan belajar gitar..
langsung aja kia lanjut ke yang berikutnya.
 

     Bagaimana membaca treble clef : Nada pada garis paling bawah adalah nada E Tengah,- yaitu nada E yang terdapat pada fret ke 2 dawai D.  garis paling atas adalah F ( fret pertama, dawai nada tinggi)
    Nada-nada gitar yg lebih rendaha atau lebih tinggi dari jangkauan nada ini dinotasikan dengan 'leger line' yaitu garis bantu yg ditempatkan diatas atau dibawah kunci utama.

Bagaimana membaca Tab : Tab lebih mudah lagi, enam garis mewakili dawai/senar gitar, nada E yg terbawah menunjukan senar no 6 pada gitar.( ini dalam posisi loss senar ya..).

ok sampai sini dulu, selanjutnya akan ada pembahasan mengenai tekhnik-tekhnik gitar, mulai dari bending, pull on pull of, hammer, dan sebagainya...
keep spirit anda always plays music, because MUSIC IS LIFE

No comments:

Post a Comment