Tuesday, October 4, 2016

Secuil Biografi Maestro Blues Gitar

Yang Pertama sang Maestro gitar JIMMY HENDRIXX
 Jangan pernah nyebut lo sebagai gitaris klo lo belum tau yang namanya Jimmy hendrixx, buat seorang gitaris blues udah jadi sebuah kewajiban kudu harus tau dengan sang maestro gitar yang 1 ini.

   James Marshall "Jimmy" Hendrixx, Lahir dengan nama Johny allen Hendrix, Dipandang sebagai gitaris Rock, tetapi latar belakang, tekhnik, dan pilihan-pilihan nadanya tipikal Blues, Permainan gitar jimmy hendrix terpengaruh oleh BB KING dan  MUDDY WATER.

  Lahir di Seattle, Washington, Jimmy Hendrix mulai bermain gitar pada usia 15. Pada tahun 1961, ia mendaftarkan diri di Angkatan Darat AS dan dilatih sebagai penerjun payung di Divisi Lintas Udara 101; ia telah diberikan debit terhormat tahun berikutnya. Segera setelah itu, ia pindah ke Clarksville, Tennessee, dan mulai bermain gigs di Chitlin 'Circuit, mendapatkan tempat di Isley Brothers backing band dan kemudian dengan Little Richard, dengan siapa ia terus bekerja sampai pertengahan 1965.


  Pernah bekerja dengan berbagai tokoh soul/R&B termasuk Little Richard,Curtis Knigh, Ike Turner, Sampai akhirnya dia ditemukan oleh pemain Bass ANIMAL( Chas Chandler ) yang membawanya ke Inggris . Jimmy Hendrix Experience dibentuk pada tahun 1966 Dengan Noel Redding Sebgai pemain bass dan Mitch Mitchell  sebagai drumer.


Dalam beberapa bulan, Hendrix telah mendapatkan tiga UK sepuluh hits dengan Jimi Hendrix Experience: "Hey Joe", "Purple Haze", dan "The Wind Cries Mary".

   Hit awalnya akhirnya membawa dia kembali ke Amerika Serikat, Pertunjukan live yang patut dicatat diantaranya Monterey Pop Festival, Woodstock, dan Isle of wight festival, Jimmy Hendrix meninggal pada tanggal 18 September 1970. 


Erick Clapton

    

 Eric Patrick Clapton, CBE (lahir 30 Maret 1945)
Sangat berpengaruh dalam musik blues, ya setidaknya karna banyaknya musik blues kulit hitam yang dibawanya ke penonton kulit putih. hehehe.... 
   Dia bergabung dengan Yardbird pada tahun 1963, tapi segera meninggalkanyya dengan alasan single debutan mereka bukan 'Blues Murni'. Alhasil dia bertemu dengan pengusung blues murni John Mayall, Lalu keluar setelah 15bulan untuk membentuk Cream bersama dengan Ginger Baker (drum) dan Jack Bruce (Bass). Ini adalah power trio Blues pertama, setahun sebelum era Hendrix.
 
Selain itu, ia membentuk band blues rock Blind Faith dengan Baker, Steve Winwood, dan Ric Grech. Untuk sebagian besar dari tahun 1970-an keluaran Clapton menanggung pengaruh gaya mellow dari JJ Cale dan reggae Bob Marley. versinya Marley "I Shot the Sheriff" membantu reggae mencapai pasar massal. Dua rekaman yang paling populer adalah "Layla", direkam dengan Derek dan domino; dan Robert Johnson "Crossroads", direkam dengan Cream. Setelah kematian anaknya Conor pada tahun 1991, kesedihan Clapton itu diungkapkan dalam lagu "Tears in Heaven", yang ditampilkan di album Unplugged nya. 


Stevie Ray Vaughan "SRV"


Stephen "Stevie" Ray Vaughan (3 Oktober 1954 - 27 Agustus 1990) adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Amerika. Meskipun karir utama singkat mencakup tujuh tahun, dia secara luas dianggap sebagai salah satu gitaris listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik, dan salah satu tokoh paling penting dalam kebangkitan blues di tahun 1980-an. Allmusic menggambarkan dia sebagai Burst Locomotive dari gitaris Blues  yang memberi ledakan momentum di era 80-an, dengan pengaruh masih merasa lama setelah kematiannya yang tragis. 
  
Lahir dan dibesarkan di Dallas, Texas, Vaughan mulai bermain gitar pada usia tujuh tahun, terinspirasi oleh kakaknya Jimmie. Pada tahun 1971 ia drop out dari sekolah tinggi, dan pindah ke Austin pada tahun berikutnya. Ia bermain gigs dengan banyak band, mendapatkan tempat dalam band Marc Benno, The Nightcrawlers, dan kemudian dengan Denny Freeman dalam Kobra, dengan siapa ia terus bekerja sampai akhir tahun 1977. Dia kemudian membentuk kelompok sendiri, Triple Threat Revue, sebelum mengubah nama band Double Trouble setelah menyewa drummer Chris Layton dan bassis Tommy Shannon. Dia memperoleh ketenaran setelah penampilannya di Montreux Jazz Festival pada tahun 1982, dan pada tahun 1983 album debut studio, Texas Banjir, memetakan di nomor 38. Album sepuluh lagu adalah rilis yang sukses secara komersial yang terjual lebih dari setengah juta kopi. Setelah mencapai ketenangan di akhir 1986, ia berjudul tur konser dengan Jeff Beck pada tahun 1989 dan Joe Cocker pada tahun 1990 sebelum kematiannya dalam kecelakaan helikopter pada 27 Agustus 1990, pada usia 35.

No comments:

Post a Comment